Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru

Rekan-rekan smua kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Kegiatan Belajar 2- Profesional, membahas tentang BAHAN AJAR POKOK, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS  TIK.  Kegiatan Belajar 2 membahas tentang bahan ajar dan alat pembelajaran pokok, remedial, dan pengayaan tematik di SD berbasis TIK serta prosedur penyusunannya.  

Secara spesifik, Kegiatan Belajar 2 memandu peserta untuk mempelajari tentang: (1) pembelajaran tematik berbasis TIK di SD;  (2) pembelajaran remedial berbasis TIK di SD: (3) pembelajaran pengayaan berbasis TIK di SD, (4) tata cara penyusunan bahan ajar tematik berbasis TIK;  dan (6) penggunaan bahan ajar tematik berbasis TIK dalam pembelajaran di SD. 

 Kegiatan Belajar 1 dilengkapi dengan bahan tayang, contoh bahan ajar, dan pembelajaran video untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang bahan ajar dan prosedur penyusunannya untuk pembelajaran tematik berbasi TIk di SD Materi Kegiatan Belajar 2 pada modul yang relevan dengan pembelajaran di SD pada Era Revolusi Industri 4.0  dan kebijakankementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Pasal 24 ayat (1) tentang Integrasi TIK dalam permbelajaran di SD.  

Kegiatan Belajar pada modul ini juga membahas tentang pembelajaran tematik, mulal dari hakikat dan implementasinya yang relevan dengan pembelajaran di SD Selain itu pembahasan tentang bahan ajar tematik berbasis TIK dan tata cara penyusunannya untuk kegiatan belajar pokok.  perbaikan.  dan pengayaan sangat diperfukan oleh peserta sebagai guru SD dan relevan dengan kompetensi utama SD kompetensi profesional yang terkait pengembangan bahan ajar.

Soal dan Kunci Jawaban masih dalam proses harap bersabar ya

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru

Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran untuk setiap peserta yang diharapkan pada KB 2 ini adalah mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter indonesia).  

pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, inovatif kreatit kolaboratif, humanis, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian Sub-Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran di atas, dirinci lebih spesifik menjadi sub-kapaian pembelajaran yang diharapkan  dari setiap peserta sebagai beriku.  

1 Menguasai bahan ajar pokok pembelajaran tematik berbasis TIK 2 Menguasai alat remedial dan pengayaan pembelajaran tematik berbasis TIK . Menyusun bahan ajar pokok pembelajaran tematik berbasis Tix A Menyun alat remedial s pepgayaan pembelajaran temati berbasis TIK.

Itulah penjelasan singkat mengenai Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru yang dapat admin jelaskan.

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG Terbaru 2020

Rekan-rekan semua, kali ini admin akan membagikan informasi mengenai  Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG Terbaru 2020

Mohon share nilai di kolom komentar ya agar yang lain bisa memanfaatkan juga, kami juga menerima koreksi dan saran di kolom komentar.

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG Terbaru 

Berikut ini adalah Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG Terbaru 2020

Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG Terbaru

1. Media pembelajaran di SD yangrelevan untuk tujuan pembelajaran “melalui mengamati benda-benda di sekitarkelas, peserta didik dapat menyebutkan tiga contoh benda berbentuk balok”adalah ...

a. Media visual berbentuk gambardiam benda berbentuk balok.

b. Media realia benda berbentukbalok

c. Media audio yang memuatinformasi tentang benda berbentuk balok.

d. Media audio-visual yang dapatdiproyeksikan berbentuk gambar bergerak benda berbentuk balok.

e. Media berbentuk multimediaanimasi benda berbentuk balok.

 

2. Menurut kebijakan, integrasiTIK dalam pembelajaran di SD hanya berperan sebagai alat bantu atau pendukungpembelajaran. Bagaimanakah pendapat Anda tentang pernyataan tersebut?

a. Saya setuju dengan pernyataandi atas karena fungsi media pembelajaran adalah sebagai alat bantupembelajaran.

b. Saya tidak setuju denganpernyataan di atas karena fungsi media adalah sebagai alat peraga pembelajaran.

c. Saya setuju dengan pernyataandi atas karena media pembelajaran tidak seharusnya menggantikan peran guru.

d. Saya tidak setuju denganpernyataan di atas karena media pembelajaran tidak hanya sebagai alat bantu pembelajarantetapi harus menjadi bagian integral dari proses pembelajaran

e. Saya tidak setuju denganpernyataan di atas karena media pembelajaran berbasis TIK pada akhirnya akanmenggantikan peran guru.

 

3. Seorang guru kelas telahmengembangkan media pembelajaran berbasis TIK untuk muatan mata pelajaranMatematika dimensi pengetahuan prosedural tentang Operasi Perkalian BilanganBulat. Media pembelajaran yang dikembangkannya digunakan agar peserta didikdapat mengerjakan soal-soal matematika dengan cepat. Bagaimanakah pendapat Andatentang media pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan guru tersebut?

a. Media pembelajaran yangdikembangkan oleh guru terlalu mekanistis yang dapat dikerjakan olehmesin-mesin yang tersedia secara pabrikan.

b. Media pembelajaran yangdikembangkan oleh guru memfasilitasi peserta didik untuk menguasai operasiperkalian bilangan bulat.

c. Media pembelajaran yangdikembangkan oleh guru dapat menjembatani materi pembelajaran yang abstraksupaya lebih konkret bagi peserta didik.

d. Media pembelajaran yangdikembangkan oleh guru menggantikan peran guru dalam memfasilitasi, membimbing,dan mengarahkan pembelajaran.

e. Media pembelajaran yangdikembangkan oleh guru seharusnya melalui proses abstraksi untuk melepasketergantungan peserta didik terhadap media

 

4. Salah satu karakteristikpeserta didik SD adalah masih berpikir operasional konkret, sementara beberapamateri pembelajaran berdimensi pengetahuan konseptual yang abstrak. Fungsimedia pembelajaran yang digunakan oleh guru dan relevan dengan karakteristikpeserta didik SD tersebut adalah ...

a. Media pembelajaran berbentuksarana yang dapat memotivasi belajar peserta didik.

b. Media pembelajaran berbentuksarana yang dapat mengatasi keterbatasan pengalaman peserta didik.

c. Media pembelajaran berbentuksaran yang dapat memperkuat interaksi antarpeserta didik.

d. Media pembelajaran berbentukalat peraga yang dapat melampaui batasan ruang kelas.

e. Media pembelajaran berbentukalat peraga yang dapat menanamkan konsep dasar dengan benar

 

5. Berikut merupakan pernyataanyang tepat tentang media pembelajaran tematik berbasis TIK untuk pembelajarandi SD adalah ...

a. Media pembelajaran tematikberbasis TIK akan membuat peserta didik pasif selama pembelajaran berlangsung.

b. Media pembelajaran tematikberbasis TIK hanya berperan sebagai alat bantu atau pendukung pembelajaran.

c. Media pembelajaran tematikberbasis TIK memerlukan kontrol yang ketat oleh guru agar peserta didik amansecara fisik dan mental

d. Media pembelajaran tematikberbasis TIK relevan dengan peserta didik yang telah berpikir abstrak.

e. Media pembelajaran tematikberbasis TIK dapat menjauhkan peserta didik dengan konteks dunia nyata.

 

6. Seorang guru kelas menggunakanmedia pembelajaran tematik berbasis TIK berbentuk multimedia selamapembelajaran berlangsung mulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, sampaidengan kegiatan penutup secara lengkap dan diakhiri dengan menguji pemahamanpeserta didik melalui tes. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang pemanfaatanmedia pembelajaran oleh guru tersebut?

a. Guru keliru dalam memanfaatkanmedia pembelajaran karena tidak memfasilitasi karakteristik peserta didik SDyang

masih berpikir konkret.

b. Guru telah menggunakan mediapembelajaran sesuai dengan fungsinya sebagai sarana atau alat bantupembelajaran.

c. Guru telah menggunakan mediapembelajaran sesuai dengan fungsinya sebagai alat peraga.

d. Guru keliru dalam memanfaatkanmedia pembelajaran karena tidak menarik dan tidak memotivasi peserta didikuntuk belajar.

e. Guru keliru dalam memanfaatkanmedia pembelajaran karena perannya telah tergantikan oleh media pembelajaran

 

7. Seorang peserta didikteridentifikasi memiliki gaya belajar auditori. Ia sulit memahami materipembelajaran yang disampaikan oleh guru kelas menggunakan media visual sehinggahasil belajarnya rendah. Apakah yang akan Anda lakukan seandainya Anda adalahguru kelas tersebut?

a. Menggunakan kembali mediatersebut dengan metode pembelajaran yang lebih variatif.

b. Menggunakan media pembelajaranmultimedia interaktif untuk menguatkan interaksi peserta didik dengan materi pembelajaran.

c. Menggunakan media audio-visualsesuai dengan kedalaman dan keluasan materi pembelajaran pada pembelajaran remedial

d. Menggunakan media auditorisaja pada pembelajaran berikutnya sesuai dengan kedalaman dan keluasan materi pembelajaran.

e. Menggunakan media pembelajaranmultimedia yang tersedia di pasaran secara pabrikan pada pembelajaran remedial.

 

8. Seorang guru kelas di kelas 1menggunakan media pembelajaran berupa slide powerpoint yang diproyeksikanmenggunakan projektor. Teks yang digunakan dalam media tersebut dominanberbentuk tulisan dengan sedikit ilustrasi. Bagaimanakah menurut pendapat Andatentang media pembelajaran yang digunakan guru tersebut?

a. Media pembelajaran yangdigunakan efektif untuk menyampaikan pesan berbentuk materi pembelajaran kepadapeserta didik.

b. Media pembelajaran yangdigunakan sebaiknya mengandung teks berbentuk tulisan dan gambar denganproporsi seimbang.

c. Media pembelajaran yangdigunakan akan untuk peserta didik karena tidak mengandung bahan yangberbahaya.

d. Media pembelajaran yangdigunakan akan membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran yang abstrak.

e. Media pembelajaran yangdigunakan seharusnya lebih banyak ilustrasi gambar karena peserta didik masihberpikir konkret

 

9. Seorang guru kelas akanmenerapkan metode percobaan tentang Gaya dalam muatan pelajaran IPA untukdimensi pengetahuan konseptual berupa prinsip selama pembelajaran berlangsung.Media pembelajaran di SD yang relevan dengan metode dan materi pembelajaranyang diterapkan guru tersebut adalah ...

a. Media berbentuk alat peragayang memungkinkan peserta didik mencoba dan membuktikan prinsip tentang gaya.

b. Media audio-visual yang dapatdiproyeksikan supaya dapat diamati oleh peserta didik dengan berbagai gayabelajar.

c. Media audio yang berisiinformasi tentang konsep Gaya supaya dapat dipahami peserta didik.

d. Media multimedia interaktifkarena memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi dengan media tersebut.

e. Media visual berbentuk gambarbergerak untuk mengamati berbagai jenis gaya dan ciri-cirinya.

 

10. Seorang guru SD melaksanakanpembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tematik berbasis TIK. Selamapembelajaran berlangsung, guru hanya menayangkan media pembelajaran yang telahdikemasnya secara audio-visual dalam bentuk powerpoint (ppt) dan dilanjutkandengan memberikan lembar tes untuk diisi oleh peserta didik. Bagaimana menurut pendapatAnda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?

a. Guru keliru menggunakan mediapembelajaran berbasis TIK karena media berbasis TIK pada umumnya akan membuat pesertadidik menjadi pasif.

b. Guru telah menempatkan TIKsesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaranberlangsung.

c. Guru telah melaksanakantugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan TIK selama pembelajaranberlangsung.

d. Guru keliru memahami peran TIKsebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagaiseorang guru

e. Guru telah melaksanakanpembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke-21 dan menyiapkan peserta didikpada Era Revolusi Industri 4.0.

 

Demikian tadi artikeltentang Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB2 PPG Terbaru

Itulah penjelasan singkat mengenai Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG Terbaru 2020

Jangan lupa share nilai di kolom komentar ya.

Semoga Bermanfaat.


Baca juga :

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 4 PPG 2020 Terbaru