Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru

Rekan-rekan smua kali ini admin akan membagikan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru - Soal dan Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Kegiatan Belajar 1- Profesional, membahas tentang BAHAN AJAR POKOK, REMEDIAL, DAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS  TIK.  Kegiatan Belajar 1 membahas tentang bahan ajar dan alat pembelajaran pokok, remedial, dan pengayaan tematik di SD berbasis TIK serta prosedur penyusunannya.  

Secara spesifik, Kegiatan Belajar 1 memandu peserta untuk mempelajari tentang: (1) pembelajaran tematik berbasis TIK di SD;  (2) pembelajaran remedial berbasis TIK di SD: (3) pembelajaran pengayaan berbasis TIK di SD, (4) tata cara penyusunan bahan ajar tematik berbasis TIK;  dan (6) penggunaan bahan ajar tematik berbasis TIK dalam pembelajaran di SD. 

 Kegiatan Belajar 1 dilengkapi dengan bahan tayang, contoh bahan ajar, dan pembelajaran video untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang bahan ajar dan prosedur penyusunannya untuk pembelajaran tematik berbasi TIk di SD Materi Kegiatan Belajar 1 pada modul yang relevan dengan pembelajaran di SD pada Era Revolusi Industri 4.0  dan kebijakankementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 Pasal 24 ayat (1) tentang Integrasi TIK dalam permbelajaran di SD.  

Kegiatan Belajar pada modul ini juga membahas tentang pembelajaran tematik, mulal dari hakikat dan implementasinya yang relevan dengan pembelajaran di SD Selain itu pembahasan tentang bahan ajar tematik berbasis TIK dan tata cara penyusunannya untuk kegiatan belajar pokok.  perbaikan.  dan pengayaan sangat diperfukan oleh peserta sebagai guru SD dan relevan dengan kompetensi utama SD kompetensi profesional yang terkait pengembangan bahan ajar.

Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran untuk setiap peserta yang diharapkan pada KB 1 ini adalah mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik di SD dengan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sikap (karakter indonesia).  

pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah secara kritis, inovatif kreatit kolaboratif, humanis, dan komunikatif, dengan menggunakan model pembelajaran dan sumber belajar yang didukung hasil penelitian Sub-Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran di atas, dirinci lebih spesifik menjadi sub-kapaian pembelajaran yang diharapkan  dari setiap peserta sebagai beriku.  

1 Menguasai bahan ajar pokok pembelajaran tematik berbasis TiK 2 Menguasai alat remedial dan pengayaan pembelajaran tematik berbasis TIK T. Menyusun bahan ajar pokok pembelajaran tematik berbasis Tix A Menyun alat remedial s pepgayaan pembelajaran temati berbasis TIK.

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru

1. Rancangan materi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik di atas seharusnya memiliki ciri–ciri berikut, kecuali ...

a. Materi pembelajaran dikembangkan secara mendalam dan mendetail.

b. Materi pembelajaran dikemas secara menarik untuk membangkitkan motivasi

belajar peserta didik.

c. Materi pembelajaran dikemas secara terurut dari mudah ke sukar, dan konkret

d.Materi pembelajaran dikembangkan secara meluas dilengkapi ilustrasi-ilustrasi yang relevan.

e. Materi pembelajaran dikemas dengan teks yang mudah dibaca oleh peserta

didik.


2. Materi pembelajaran di SD yang relevan dengan tujuan pembelajaran “melalui percobaan mendorong meja, peserta didik dapat menjelaskan pengaruh gaya terhadap gerak benda” adalah ...

a. Materi pembelajaran memuat paling tidak prinsip tentang pengaruh gaya

terhadap gerak benda.

b. Materi pembelajaran memuat paling tidak konsep tentang gaya dan gerak.

c. Materi pembelajaran paling tidak memuat kekuatan dan kelemahan peserta

didik ketika belajar tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda.

d. Materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur tentang gaya dan gerak secara lengkap dan mendetail. 

e. Materi pembelajaran memuat paling tidak prosedur tentang cara mendorong

meja supaya terasa ringan


3. Susunan materi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik anak usia SD adalah ...

a. Materi pembelajaran dapat dimulai dari apa saja karena guru memiliki otoritas untuk mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif. 

b. Materi pembelajaran dimulai dari prosedur, prinsip, konsep, dan diakhiri

dengan fakta yang relevan dengan materi pembelajaran dalam kompetensi pembelajaran dalam kompetensi dasar.

d. Materi pembelajaran dimulai dari hal-hal yang konkret dan dilanjutkan kepada hal-hal yang lebih abstrak dengan dominasi pada hal-hal yang abstrak untuk melatih kemampuan abstraksi.

e. Materi pembelajaran dimulai dari konsep, prinsip, prosedur, dan diakhiri dengan fakta yang relevan dengan materi pembelajaran dalam kompetensi dasar untuk memudahkan pemahaman.


4. Berikut merupakan pengolahan hasil penilaian pada aspek kompetensi pengetahuan mata pelajaran Bahasa Indonesia SD dengan KKM sebesar 80,00.

Nama Siswa Nilai Keterangan

Adi 70,00 Butuh bimbingan dalam hal membaca

Beni 75,00 Butuh bimbingan dalam hal membaca

Desi 82,00 -

Fitri 70,00 Butuh bimbingan dalam hal membaca

Program remedial yang relevan dengan hasil penilaian di atas adalah ...

a. Guru menugaskan peserta didik yang unggul untuk membantu guru dalam membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dengan menerapkan metode yang telah diterapkan sebelumnya.

b. Guru membimbing peserta didik secara kelompok dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang sama dengan pengalaman belajar sebelumnya.

c Guru membimbing peserta didik secara individual dengan memfasilitasi Pengalaman belajar yang sama dengan pengalaman belajar sebelumnya.

d. Guru membimbing peserta didik secara individual dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang berbeda dengan pengalaman belajar sebelumya.

e. Guru membimbing peserta didik secara kelompok dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang berbeda dengan pengalaman belajar sebelumnya.


5. Seorang guru kelas IV SD telah mengembangkan materi pembelajaran pada muatan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang Hubungan antara Gaya dan Gerak Benda yang relevan dengan tujuan pembelajaran “Melalui mencoba mendorong benda-benda di sekitar kelas, peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara gaya dan gerak benda”. Materi pembelajaran yang dikembangkan oleh guru tersebut terdiri dari:

Definisi Gaya

Definisi Gerak

Jenis-jenis Gaya

Jenis-jenis Gerak

Manfaat Gaya untuk Kehidupan

Contoh-contoh Benda yang Memanfaatkan Konsep Gaya Pernyataan berikut yang paling tepat tentang materi pembelajaran yang telah dikembangkan oleh guru di atas adalah

a. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan belum memenuhi materi

pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa prinsip tentang hubungan antara gaya dan gerak benda.

b. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa prinsip

c. Materi pembelajaran yang telah dikembangkan belum memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa konsep tentang gaya dan gerak benda

d. materi pembelajaran yang telah dikembangkan telah memenuhi materi pembelajaran minimal yang terdapat pada kompetensi dasar berupa konsep gaya dan gerak benda.

e. Guru membimbing peserta didik secara kelompok dengan memfasilitasi pengalaman belajar yang berbeda dengan pengalaman belajar sebelumnya.


6. Berikut merupakan cara merancang program remedial berdasarkan informasi hasil penilaian pada aspek pengetahuan, kecuali ...

a. Metode pembelajaran yang diterapkan disesuaikan dengan kesulitan belajar peserta didik

b. Memberi bimbingan secara kelompok bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar yang sama.

c. Metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan metode pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya.

d. Memberi bimbingan secara perorangan bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda.

e. Memberi bimbingan dengan memanfaatkan tutor sebaya baik secara individu maupun kelompok.


7. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?

a.Guru keliru menggunakan bahan ajar berbasis TIK karena bahan ajar berbasis TIK pada umumnya akan membuat peserta didik menjadi pasif.

b. Guru keliru memahami peran TIK sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagai seorang guru.

c. Guru telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan TIK selama pembelajaran berlangsung.

d. Guru telah menempatkan TIK sesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaran berlangsung.

e. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke21 dan menyiapkan peserta didik pada Era Revolusi Industri 4.0.


8. Berikut merupakan cara yang tepat untuk memfasilitasi peserta didik yang teridentifikasi memiliki permasalahan terkait materi pembelajaran yang dikemas dalam bahan ajar cetak adalah ...

a. Menggunakan kemabali bahan ajar cetak yang telah dikembangkan untuk pembelajaran remedial dengan metode yang berbeda.

b. Mengembangkan bahan ajar cetak dengan penampilan yang menarik dan jelas untuk pembelajaran remedial.

c. Mengembangkan bahan ajar untuk pembelajaran berikutnya berbasis TIK supaya lebih efektif.

d. Menerapkan metode pembelajaran yang variatif sesuai dengan karakteristik peserta didik.

e. Mengembangkan bahan ajar untuk pembelajaran remedial berbasis TIK supaya menarik dan memudahkan peserta didik memahaminya. 


9.Berikut ini merupakan penyataan yang tepat tentang bahan ajar tematik berbasis TIK untuk pembelajaran pengayaan di SD kelas awal adalah

a. Bahan ajar dikemas secara lebih mendalam dan meluas berbasis tema yang memadukan seluruh mata pelajaran dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.

b. Bahan ajar memuat konsep tentang TIK dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di SD.

c. Bahan ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur seperti bahan ajar pokok dalam pembelajaran harian dengan mengintegrasikan TIK.

d. Bahan ajar dikemas secara tematik dengan memadukan seluruh mata pelajaran yang terikat pada tema dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.

e. Bahan ajar dikembangkan untuk setiap mata pelajaran yang terikat pada tema pembelajaran menggunakan dukungan TIK.


10. Karakteristik materi pembelajaran berikut relevan dengan karakteristik anak usia SD, kecuali ...

a. Materi pembelajaran dikemas secara menarik untuk membangkitkan motivasi belajar peserta didik.

b. Materi pembelajaran dikemas dengan teks yang mudah dibaca oleh peserta didik.

c. Materi pembelajaran dikemas secara terurut dari mudah ke sukar, dan konkret ke abstrak.

d. Materi pembelajaran dikembangkan secara meluas dilengkapi ilustrasiilustrasi yang relevan. 

e. Materi pembelajaran dikembangkan secara mendalam dalam mendetail.

Itulah penjelasan singkat mengenai Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru yang dapat admin jelaskan, artikel ini sudah tayang di blog temen saya yaitu di Arnaim.com

Baca juga :

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 1 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 2 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 3 PPG 2020 Terbaru

Kunci Jawaban Tes Formatif Modul Tematik Berbasis TIK KB 4 PPG 2020 Terbaru