Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2020

Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2020 - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan informasi yang gembira karena sekarang masiswa atau anak kulihan bisa mendapatkan Beasiswa atau KIP Kuliah atau bisa disebut juga dengan Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi mengenai Cara daftar KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru.

Sebelum anda Daftar KIP Kuliah Tahun 2020 Sebaiknya anda harus membaca terlebih dahulu Juknis KP Kuliah sehingga anda dengan mudah mengurus bdt untuk KIP Kuliah dan dengan mudah Mendaftar KIP Kuliah Tahun 2020 sehingga anda mendapatkan KIP Kuliah ditahun 2020 ini.

KIP-Kuliah memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut:

Pendaftaran KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya 
  • KIP-Kuliah membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan PT
  • Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar KIP-Kuliah yang ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
  • Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi
  • Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah
  • Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima KIP-Kuliah di luar ketentuan tersebut bisa melapor ke Helpdesk KIP Kuliah.
Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2020

Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2020
Nah langsung saja berikut penjelasan Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2020
  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandri di web Sistem KIP Kuliah di Laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru.
  2. Kemudian silahkan anda masukkan NIK, NISN dan NPSN
  3. Jika sudah terisi semua dengan data yang benar Silahkan anda Klik Proses Selanjutnya
  4. Dan jangan lupa sediakan Alamat Email yang masih aktif
  5. Setelah itu Web KIP Kulah akan melakukan Validasi NIK,NISN dan NPSN serta kelayakan pendaftaran untuk layak tidaknya mendapatkan KIP Kuliah.
  6. Jika Proses Validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke email yang sudah anda daftarkan.
  7. Bagi siswa yang menyelesaikan proses pendafatarn KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan di ikuti seperti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  8. Kemudian siswa menyelesaikan Proses Pendaftaran di portal atau sistem Informasi Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  9. Sebelum sistem pendaftar KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem Informasi seleksi nasional (Seperti SNMPTN dan SNMPN). 
  10. Proses Sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  11. Bagi calon penerima KIP Kuliah yangtelah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, maka anda dapat melakukan Verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
  1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;
  2. memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Keluarga Sejahtera.

Dalam hal mahasiswa belum memiliki Kartu Indonesia Pintar atau orang tua/wali Mahasiswa belum memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dapat diberikan bantuan biaya pendidikan setelah memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan.

Jadwal kegiatan KIP-Kuliah tahun 2020 dapat dilihat pada laman berikut :


Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih. Semoga artikel mengenai Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2020  ini bermanfaat buat rekan-rekan semua, Aamiin.

Baca Juga :
Kemendikbud Imbau Sekolah Untuk Bentuk Tim Pencegahan Tindak Kekerasan Tahun 2020
Persyaratan dan Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020
Download Permendikbud Nomor 9 Tahun 2020 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemdikbud Format Pdf
Info Terbaru Mengenai Data EMIS PTKI Semester 2 Tahun 2020
Lomba Aplikasi Mobile Kihajar Tahun 2020


Baca Juga :
  1. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP Offline 2019.11
  2. Cara Membuat Akun Komite Sekolah di Aplikasi PMP 2019.11
  3. Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Aplikasi PMP 2019.11
  4. Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020
  5. Cara Mengatasi Kuesioner PMP 2019.11 Tidak Muncul 100% Pengisiannya
  6. Cara Mengatasi Jawaban Kuesioner Tidak Terbaca di Progres Pengisian Pada Aplikasi PMP Offline 2019.11.21
  7. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi SIPLah
  8. Cara Hitung Rapor Mutu Pada Aplikasi PMP 2019.11.21