Download Juklak KSN SD 2020

Download Juklak KSN SD 2020 - Rekan-rekan semua kali ini admin aka membagikan informasi mengenai Download Juklak KSN SD 2020 atau Juknis KSN SD 2020. KSN merupakan Kompetisi Sains Nasional (KSN) bagi siswa SD dan atau yang sederajat tahun 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pedidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar berusaha mewujudkan program nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bidang sains.

Sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan program Olimpade Sains Nasional (OSN-SD) telah dirintis sejak tahun 2003 yang tahun ini berubah nama menjadi Kompetisi Sains Nasional tingkat SD (KSN-SD) dan atau yang sederajat. 

Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas siswa. Pelaksanaan KSN-SD secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga siswa memiliki daya juang yang tinggi, kompetitif, inovatif serta adaptif terhadap perubahan.

Baca Juga : Juknis OSN SD 2020 Pdf

Pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan tertera bahwa pemerintah melakukan penjaminan mutu pendidikan serta pembinaan berkelanjutan kepada peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan atau bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan, teknologi, seni, dan atau olahraga pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/ kota, provinsi, nasional, dan internasional. 

Berdasar pada hal di atas, pemerintah melakukan usaha peningkatan mutu pendidikan dengan mengembangkan lompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD) yang sebelumnya bernama Olimpiade Sains Nasional tingkat sekolah dasar (OSN-SD) untuk memotivasi seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk melakukan konsolidasi, koordinasi, dan pembinaan yang lebih baik, sehingga prestasi siswa tingkat sekolah dasar di Indonesia dapat ditingkatkan.
Kompetisi Sains Nasional tingkat sekolah dasar (KSN-SD) Tahun 2020 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi
generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.

Petunjuk pelaksanaan kompetisi ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional serta pihak-pihak terkait sehingga pelaksanaan Kompetisi dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
Download Juklak KSN SD 2020

Juklak Juknis KSN SD 2020

1. Tujuan Umum
Tujuan umum KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, mandiri dan gotong royong. 

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus KSN-SD Tahun 2020 adalah sebagai berikut: Menyediakan wahana bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya;

Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik; Memotivasi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari; Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika dan IPA di SD dan atau yang sederajat;

Memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan.
Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

BIDANG MATEMATIKA
Tujuan
Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) bidang Matematika bertujuan meningkatkan kemampuan bernalar, berpikir kritis, analitik, kreativitas dan sportivitas peserta didik.
Materi
  1. Bilangan terdiri atas bilangan bulat, bilangan rasional dan representasinya (desimal dan presentase), urutan bilangan, pola bilangan, faktor pesekutuan terbesar (FPB), dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK);
  2. Aritmetika terdiri atas operasi pada bilangan (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian) pemfaktoran dan sifat- sifat operasi;
  3. Geometri terdiri atas sifat-sifat poligon (segitiga, segi empat, jajar genjang, dan trapesium) dan lingkaran, sudut dan pengukuran, luas daerah, kubus, simetri, serta refleksi dan rotasi; 
  4. Data dan pengukuran terdiri atas rata-rata, median, modus, serta representasi data dan interpretasinya, diagram dan grafik;
  5. Kombinatorik yaitu menentukan susunan beberapa objek dengan aturan tertentu, meliputi permutasi dan kombinasi ;
  6. Eksplorasi matematika;
  7. Rekreasi matematika.

BIDANG IPA
Tujuan
Kompetisi Sains Nasional Sekolah Dasar (KSN-SD) bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bertujuan agar siswa mampu memahami dan menganalisis fenomena di alam sekitar.
Materi
  1. Keterampilan dan metode ilmiah;
  2. Keanekaragaman hayati dan pengklasifikasian makhluk hidup;
  3. Struktur, anatomi, proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup;
  4. Ekologi, interaksi organisme dan adaptasi makhluk hidup;
  5. Isu, perkembangan dan permasalahan umum tentang kesehatan, bioteknologi, lingkungan, dan teknologi;
  6. Mekanika mencakup gerak benda, gaya, momentum, energi mekanik, tekanan, dan gravitasi;
  7. Wujud benda mencakup sifat dan kegunaan benda padat, benda cair, gas dan perubahan wujud
  8. Listrik dan magnet mencakup listrik statis, listrik dinamis, sifat magnet, dan induksi elektromagnetik;
  9. Gelombang dan optik mencakup gelombang tali, bunyi, sifat- sifat gelombang, cahaya, gelombang elektromagnetik, dan alat-alat optik;
  10. Suhu dan kalor mencakup skala suhu, thermometer dan hantaran kalor;
  11. Energi dan perubahannya mencakup bentuk-bentuk energi, energi terbarukan, konversi energi;
  12. Atom mencakup inti atom dan elektron;
  13. Bumi dan antariksa mencakup struktur bumi, atmosfer bumi, iklim, sistem tata surya, bintang, rotasi dan revolusi benda langit;


Keberhasilan penyelenggaraan KSN-SD tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional tahun 2020 ditentukan oleh para pemangku kepentingan dalam melaksanakan kegiatan KSN-SD secara tertib, teratur, disiplin, transparan dan penuh tanggung jawab. Oleh sebab itu, semua pihak dapat menjunjung tinggi nilai-nilai di atas dan terlibat aktif mendukung keberhasilan kegiatan KSN mulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional.

Petunjuk pelaksanaan ini diharapkan dapat dipahami oleh panitia dan semua pihak yang terkait agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sehingga tercapai hasil secara optimal. Pelaksanaan KSN 2020 diharapkan dapat memberi manfaat untuk peningkatan mutu pendidikan, serta menghasilkan siswa yang mencintai ilmu pengetahuan sekaligus berprestasi pada perlombaan tingkat internasional, sebagai bagian dari upaya menciptakan generasi emas Indonesia. Semoga petunjuk pelaksanaan ini dapat dijadikan acuan semua pihak terkait, sehingga kegiatan KSN-SD Tahun 2020 ini dapat terlaksana dengan baik, efektif, dan efisien.

Itulah penjelasan singkat mengenai Download Juklak KSN SD 2020 yang dapat admin jelaskan semoga artikel yang admin jelaskan bisa bermanfaat buat rekan-rekan semua Aamiin.

Download Juklak KSN SD 2020 Format Pdf

Baca Juga :
Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 6 K13 Revisi 2020 Semester 2
Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 5 K13 Revisi 2020 Semester 2
Download RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 SD K13 Revisi 2020 Semester 2

Baca Juga :
Download Contoh RPL BK 1 Lembar Kelas 7 K13 Revisi 2020 Semester 2
Download Contoh RPL BK 1 Lembar Kelas 8 K13 Revisi 2020 Semester 2
Download RPL BK 1 Lembar Kelas 9 K13 Revisi 2020 Semester 2
Download Contoh RPL BK 1 Lembar Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2020 Semester 2
Download Contoh RPL BK 1 Lembar Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2020 Semester 2
Download Contoh RPL BK 1 Lembar Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2020 Semester 2

Baca Juga :

Baca Juga :
  1. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi PMP Offline 2019.11
  2. Cara Membuat Akun Komite Sekolah di Aplikasi PMP 2019.11
  3. Cara Mengatasi Disconnect Saat Sinkron Aplikasi PMP 2019.11
  4. Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodik 2020
  5. Cara Mengatasi Kuesioner PMP 2019.11 Tidak Muncul 100% Pengisiannya
  6. Cara Mengatasi Jawaban Kuesioner Tidak Terbaca di Progres Pengisian Pada Aplikasi PMP Offline 2019.11.21
  7. Cara Mengatasi Gagal Login Aplikasi SIPLah
  8. Cara Hitung Rapor Mutu Pada Aplikasi PMP 2019.11.21